Begini Cara Membuat Auto Image Feature WordPress

Dalam membuat postingan kita akan di wajibkan menonjolkan image feature agar postingan semakin lengkap dengan tambahan ikon tumbnail gambar. Biasanya diformat otomatis dengan ukuran persegi atau kotak. Begini cara membuat Aato image feature.

Sebenarnya dalam menu write post di wordpress sudah di sediakan agar kita bisa menentukan image feature setiap postingan kita. Menu nya bisa kalian aktifkan di bagian kanan atas saat mengetik postingan dan pilih screen option lalu centang feature image.

Cara penggunaannya sangat mudah, kalian tinggal klik menu image feature di menu bar sebelah kanan dan tentukan gambar mana yang akan kalian pilih untuk postingan yang bersangkutan. Lebih baik gambar ini adalah gambar yang berhubungan dengan isi postingan kalian.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur membuat postingan banyak tanpa image feature ?

Itu pasti terjadi dan tidak di pungkiri kita akan membutuhkan waktu banyak untuk mengubah satu demi satu setiap postingan hanya untuk memasukkan image feature. Dan pasti hal ini akan sangat membosankan, apalagi jika postingan kita sudah terlalu banyak bahkan sampai ratusan postingan.

Dengan cara ini kalian tidak perlu mengubah satu persatu postingan, karena saya akan membagikan script yang akan otomatis menampilkan image feature tanpa kita harus memilih. Perlu diperhatikan, script ini akan memilih gambar pertama atau kesatu yang ada dalam postingan kita.

Copy script di bawah ini :

function auto_featured_image() {
global $post;

if (!has_post_thumbnail($post->ID)) {
$attached_image = get_children( “post_parent=$post->ID&post_type=attachment&post_mime_type=image&numberposts=1” );

if ($attached_image) {
foreach ($attached_image as $attachment_id => $attachment) {
set_post_thumbnail($post->ID, $attachment_id);
}
}
}
}
// Use it temporary to generate all featured images
add_action(‘the_post’, ‘auto_featured_image’);
// Used for new posts
add_action(‘save_post’, ‘auto_featured_image’);
add_action(‘draft_to_publish’, ‘auto_featured_image’);
add_action(‘new_to_publish’, ‘auto_featured_image’);
add_action(‘pending_to_publish’, ‘auto_featured_image’);
add_action(‘future_to_publish’, ‘auto_featured_image’);

Cara penerapnnya kalian silahkan masuk ke wp admin, lalu pilih Appearance kemudian pilih editor. Setelah itu buka function.php dan tambahkan script tersebut di bagian paling bawah function.php dan klik update file.

Setelah itu refresh atau kunjungi blog kalian dan lihat bahwa setiap postingan sudah memiliki image feature semua. Untuk selanjutnya dan seterusnya kalian tidak perlu membuat image feature satu persatu, karena akan otomatis terindex dengan script tersebut.

Itulah sekilas tutorial Begini Cara Membuat Auto Image Feature WordPress dan silahkan di coba.

Iklan

Tinggalkan Komentar