WORDPRESS

Cara Mengatasi Error 500 di WordPress

Error kode 500 pada wordpress sering terjadi ketika kita melakukan beberapa kesalahan yang biasa kita lakukan dengan sengaja tanpa kita sadari. Kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi error 500 di wordpress.

Cara Mengatasi Error 500 di WordPress

Apa yang menyebabkan terjadinya Error 500 ini ?

Dalam beberapa kasus error 500 di sebabkan beberapa hal seperti di bawah ini. Mari meninjau satu per satu agar kita tau apa yang harus dilakukan jika terjadi error seperti ini.

1. Memindahkan directory instalasi wordpress melalui cpanel

Secara default directory instalasi wordpress ada di /public_html/wp/disini, namun karena alasan redirect url, beberapa orang memutuskan memindahkannya ke /public_html/disini. Hal ini akan menyebabkan terjadinya error 500 atau bahkan tidak bisa logout maupun login lagi ke wordpress admin.

2. Customisasi tema dengan html kode

Dalam editing atau penambahan html kode pastikan kita berhati-hati dalam memodifikasi header.php maupun style.css, jika kita tidak tepat dalam merubahnya bisa membuat template error. Dan tidak sedikit orang ketika sudah apply update file header nya dia lupa dimana baris terakhir yang diubah. Jika kita ingat, langkah pertama yang terbaik adalah mengembalikan nya seperti semula. Sedikit tips, kalian bisa gunakan kombinasi tombol ctrl+z berkali kali pada halaman header.php jika kita lupa bagian mana yang sudah di customisasi.

3. Pemakaian Plugin W3 total cache

Sebenarnya plugin ini memiliki fungsi yang bagus dalam dunia blogging terutama pada wordpress. Namun dengan settingan yang tidak tepat dia bisa juga menyebabkan error, jadi lebih baik gunakan jika bisa atau disable atau hapus jika tidak dibutuhkan.

4. Customisasi file .htaccess yang salah

Sebelum customisasi file .htaccess lebih baik kalian backup dulu file aslinya. Ini bisa menjadi solusi jika resiko error 500 terjadi.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Error 500 di WordPress ???

Dari keempat penyebab error 500 diatas sebenarnya file yang berpengaruh atau berdampak dari keempat penyebab itu adalah file .htaccess yang rusak. Cara Mengatasi Error 500 di WordPress sendiri kita harus mengembalikan file .htaccess dengan benar seperti semula. Langkah memperbaikinya adalah seperti berikut ini :

1. Masuk di cpanel dan cari file .htaccess

Login ke cpanel kalian, cari file .htaccess nya, secara default ada di folder /public_html/disini.

2. Edit File .htaccess

Kemudian copy dulu kode  berikut :

 

Lalu klik kanan file .htaccess kalian dan pilih edit. Setelah itu hapus semua isi dalam file .htaccess nya dan pastekan kode diatas, jangan lupa klik save change.

Jika semua sudah benar, silahkan kunjungi url kalian, dan seharusnya error 500 sudah tidak ada lagi dan blog kalian kembali normal. Ingat, selalu berhati – hati dalam edit file, backup berkala wordpress kalian melalui cpanel, ini akan mempermudah jika sewaktu – waktu terjadi kerusakan parah pada template kalian bisa restore dengan mudah tanpa kehilangan semua isi dari blog kita.

Sekian tips kali ini tentang cara mengatasi error 500 di wordpress, semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat pengunjung blog ini.

Tags

Related Articles

Close