TUTORIAL BLOG

Cara Mengganti atau Merubah Tulisan Footer Template Blog WordPress

Tutorial blog kali ini saya akan berbagi tips Cara Mengganti atau Merubah Tulisan Footer Template Blog WordPress. Sedikit banyak tampilan footer merupakan identitas dari blog kita. Ini akan membuat blog kita  terlihat semakin berkelas dengan footer yang mengandung url TLD kita.

Bagian mana yang akan kita rubah ?

Kita akan merubah footer bawaan template yang kita gunakan, biasanya tulisan pada footer adalah sesuai nama template yang kita gunakan. Hanya sebagai contoh kita menggunakan template bernama contoh.com, maka bagian footer biasanya akan tertulis ©2018 – Copyright by contoh.com. Bagian ini yang akan kita ubah.

Cara merubahnya kalian bisa lihat gambar berikut ini :

Pertama saya anggap kalian sudah login di wordpress admin.

Keterangan gambar di atas :

  1. Pada dashboard wp admin pilih menu Appearance lalu Pilih menu editor.
  2. Kemudian di bagian kanan pada menu Theme files, cari dan pilih Theme footer ( footer.php )–>> file ini yang akan kita ubah.
  3. Klik di sembarang tempat di bagian tengah atau isi dari file footer.php lalu pada keyboard pilih search dengan cara tekan tombol Ctrl+F. Ketik pencarian sesuai tulisan yang tertera di bagian footer tema blog kalian, pada contoh kali ini saya ingin mengubah footer dengan tulisan contoh.com,jadi saya isi di kolom search dengan tulisan contoh lalu enter.
  4. Setelah ditemukan silahkan ubah tulisannya sesuai keinginan kalian,biasanya ubah dengan nama url blog kita, misalkan : satuaja.com
  5. Kita juga bisa mengubah baris URL seperti gambar diatas dengan URL blog kita, dengan tujuan agar saat pengunjung klik tulisan footer yang sudah kita ubah akan menuju link yang sudah kita tentukan.

Setelah semua selesai sekarang pilih update file dan jika tidak ada notifikasi error maka proses sudah selesai. Untuk cek apakah sudah benar,kalian tinggal kunjungi url kalian dan lihat di bagian footer,klik jika ingin melihat perubahan fungsi pada url kalian seperti langkah nomor 5.

Sekian tutorial blog kali ini, selamat  mencobanya..

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close