Kompress Gambar Secara Online

Kompress Gambar Secara Online
image source : https://www.winzip.com

Jika kita pengguna domain TLD ( Top Level Domain ) yang berbayar tentu sangat miris jika memory hosting kita terbatas. Ini akan semakin berkurang seiring waktu setelah terlalu banyak postingan dengan gambar atau video. Kali ini saya akan berbagi cara Kompress Gambar Secara Online.

Kenapa Gambar di blog Harus di kompress ??

Sesuai pembahasan di atas, ini agar memory hosting kita tidak cepat habis dengan gambar dalam jumlah banyak dan berukuran besar. Jadi dengan di kompress ini akan membantu mengurangi beban memory dan juga bisa mempercepat loading halaman blog kita.

Cara Kompress Gambar Secara Online :

1. Siapkan gambar

Siapkan gambar yang akan di kompress, pastikan format gambar adalah PNG, JPG atau JPEG. Usahakan gambar ini sebisa mungkin adalah gambar final, yang artinya kalian tidak akan mengedit lagi setelah di kompress. Jadi kalau ingin menambahkan watermark dan editing lainnya, silahkan lakukan di awal sebelum gambar di kompress.

Baca juga : Cara Mengatasi Error 500 di WordPress

2. Kunjungi Link di bawah ini :

https://imageresize.org/compress-images

Setelah terbuka kalian tinggal drag and drop atau load gambar kalian. Lalu pilih menu compress image dan tunggu prosesnya. Lalu klik download untuk mengunduh gambarnya setelah proses kompress berhasil.

Kompress Gambar Secara Online
Kompress Gambar Secara Online – satuaja.com

 

Kompress Gambar Secara Online
Kompress Gambar Secara Online – satuaja.com

Ini adalah penampakan ukuran sebelum dan sesudah di kompress

Dan ini adalah hasil dari kedua gambar, kalian bisa lihat perbandingannya baik dari segi pixcel dan ukurannya.

Kompress Gambar Secara Online
Sebelum di kompress ukuran 227 KB
Kompress Gambar Secara Online
Sesudah di kompress ukuran 74.7 KB

Mengapa harus menggunakan link tersebut ?

Baca juga : 

»Loading Dashboard WordPress Admin Sangat Lambat

»Begini Cara Membuat Auto Image Feature WordPress

Sebenarnya tidak harus menggunakan link tersebut, cuma setelah saya mencoba beberapa link kompress image online dan hasilnya link ini yang saya rekomendasikan. Kenapa ?

Karena kualitas gambar tetap terjaga dan hasil kompresinya luar biasa, bisa mencapai 50% sampai 70% dari ukuran semula, jadi jika ukuran gambar 1MB setelah di kompress bisa menjadi 300KB dan tidak pecah pixcel nya. Tentu ini yang sangat kita harapkan.

Sekali lagi, dengan mengkompress gambar sebelum upload di postingan atau hosting domain tld kalian maka akan membantu menghemat penggunaan memory dari hosting kalian. Juga memberi efek yang bagus pada loading halaman url kalian menjadi ringan.

Note : Untuk gambar original yang biasanya kalian gunakan untuk fitur image atau favicon blog yang ukuran asli nya dibawah 50KB sebaiknya jangan di kompress, karena bisa membuat gambar pecah dengan ukuran yang terlalu kecil.

Baca juga : Cara Memasang Widget Sosial Media Share dan Follow di WordPress

Sekian tutorial kali ini tentang cara Kompress Gambar Secara Online untuk blog, selamat mencoba..

Iklan

Tinggalkan Komentar