INTERNET & PC

Mengatasi Google Chrome Error atau Crash

Mengatasi Google Chrome Error atau Crash

Buat kalian pengguna browser Google chrome untuk PC tentu kita dibuat jengkel jika tiba – tiba google chrome crash atau error, dimana tidak bisa kita gunakan untuk aktifitas browsing. Pada postingan kali ini saya akan berbagai cara Mengatasi Google Chrome Error atau Crash. Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan sampai selesai agar kalian tau apa penyebab dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah mengenali ciri – ciri dan penyebab google chrome tiba – tiba crash atau error. Saya akan menjelaskan satu persatu penyebabnya.

1. Akibat Driver Windows Yang Korup

Kejadian yang dikarenakan korupnya driver windows ini sering terjadi buat kalian yang suka utak atik regedit maupun tidak sengaja menghapus file penting di folder /C/Windows/. Karena pentingnya file di dalam folder tersebut maka sebaiknya hindari memodifikasinya jika kalian tidak tau bagian mana yang riskan untuk diubah. Jika itu terlanjur terjadi biasanya driver yang berkaitan dengan jaringan internet atau browser maupun flash player akan error.

Loading...

Cara mengatasi :

1. Update Driver PC melalui external link maupun windows update.

2. Instal ulang Windows.

3. Perbaiki file regedit yang diubah.

2. Ekstensi Korup

Terlalu banyak ekstensi yang terinstal di google chrome juga mempengaruhi kinerja nya, apalagi jika ekstensi tersebut tidak terlalu di butuhkan.

Cara Mengatasi :

1. Disable atau hapus ekstensi yang tidak dibutuhkan.

2. Bersihkan History dan Cookie peramban Google chrome.

3. Setel ulang semua pengaturan chrome ke default atau bawaan.

3. Gagal Update

Langkah ketiga ini yang saya sarankan buat kalian yang mengalami kasus serupa, yaitu google chrome gagal update lalu plugin error atau crash. ditandai dengan ciri – ciri seperti berikut ini :

  • Saat membuka url atau halaman browsing hanya ada tampilan blank putih.
  • Seperti tidak ada aktifitas internet sama sekali padahal jaringan internet tidak bermasalah.
  • Telah melakukan cara kedua diatas tapi tetap tidak bisa.
  • Bahkan yang lebih parah, tidak bisa masuk pengaturan karena tampilan hanya blank putih.

Cara yang ini paling saya sarankan agar kalian tetap bisa menggunakan google chrome tanpa harus repot menginstal ulang windows.

Cara mengatasi :

1. Buka properties Google chrome melalui desktop kalian dan klik open file location. Kalian akan di arahkan pada lokasi default instalasi dari google chrome nya.

2. Buat shortcut baru dengan cara klik kanan ikon chrome.exe dan pilih send to lalu pilih desktop (create shortcut). Sekarang kalian memiliki shortcut chrome yang baru.

3. Hapus shortcut google chrome lama atau yang bermasalah

4. Klik kanan shortcut google chrome yang baru kalian buat lalu pilih properties. pada kolom Target di bagian akhir tambahkan kata (1 spasi)-no-sanbox lalu klik apply. Catatan : (1spasi) artinya adalah tekan spasi sekali sebelum menambahkan kata -no-sandboxMengatasi Google Chrome Error atau Crash

5. Sekarang kalian coba buka google chrome nya dan kalian akan mendapati notifikasi di bagian atas layar atau dibawah kolom url. Cukup kalian silang atau close dan chrome siap digunakan tanpa kendala lagi.

Ini sudah saya coba dan berhasil mengatasi google chrome error atau crash tanpa harus menginstal ulang windows saya, tentu dengan cara ini menjadi lebih praktis karena kita tidak beresiko kehilangan data di PC atau laptop kita.

SIlahkan kalian coba buat yang mengalami kendala yang sama, semoga artikel ini bisa membantu.

(nw)

Loading...
Tags

Related Articles

2
Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Chatrine1990
Guest
Chatrine1990

OMG number 3 is works perfectly for me. Iam very stupid to know about this 😢 thanks for this post very simple and really work..No reinstal windows but problem is fixed. please, just add translate menu to this site to most language support. thanks man 😁

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker