SEO & ADS

SEO : Agar Gambar Dalam Postingan Tidak Melanggar Hak Cipta

Image source : http://nasional.republika.co.id

Satuaja.com – Banyak gambar yang bertebaran di internet memiliki hak cipta atas kepemilikan, baik perorangan maupun perusahaan. Buat blogger yang ingin menampilkan gambar tentu menginginkan tampilan blog yang fresh dan menarik karena gambar yang responsive dan imaginer akan memberi nilai tersendiri di dalam SEO. Kali ini saya akan berbagi tutorial SEO : Agar Gambar Dalam Postingan Tidak Melanggar Hak Cipta.

Jika berurusan dengan SEO sangat berat kalau blog kita terdeteksi pelanggaran atas hak cipta, ini menyangkut konten dan termasuk gambar di dalamnya. Google memiliki algoritma yang sangat canggih untuk mendeteksi pelanggaran semacam itu. Berikut ini langkah – langkah agar gambar dalam postingan kita tidak melanggar hak cipta.

1. Cantumkan URL Sumber Gambar

Jika kita tidak jago dalam hal editing gambar, maka hal terbaik yang bisa kita lakukan terkait gambar yang mengandung hak cipta adalah dengan mencantumkan sumber atau url asal gambar melalui menu caption atau title image. Biasanya gambar seperti ini adalah hasil dari situs atau download di internet. Gunakan bahasa seperti contoh  ini  ” image source : http://www.asalgambar.com “ Dengan begitu maka google akan mengerti bahwa kalian sudah memberikan kredit kepada pemilik gambar yang sah atas gambar yang kalian posting.

Loading...

2. Edit Gambar

Cara yang kedua adalah meng-edit gambar sebelum di upload. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan status hak cipta yang sudah melekat dalam gambar hasil download. Namun terkait hal ini, ada beberapa gambar yang tidak boleh dilakukan editing, biasanya gambar tersebut memiliki hak paten atas hak cipta yang sangat tinggi, seperti perusahaan besar google, yahoo, microsoft, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Jika itu terjadi, kalian bia menggunakan cara pertama.

3. Download Gambar dengan Lisensi Terbuka

Maksud arti kata tersebut adalah kita mendownload gambar yang tidak mengandung atau memiliki hak cipta. Namun sekali lagi, sesuaikan gambar dan hindari gambar berhak cipta tinggi dari perusahaan yang saya sebutkan diatas. Untuk melakukan cara ini kita harus mengatur dalam pencarian gambar melalui browser. Sebagai contoh kali ini saya ingin mencari gambar untuk judul postingan Wisata Bali, lihat gambar dibawah ini agar gambar yang muncul dalam pencarian kalian adalah gambar dengan lisensi terbuka tanpa hak cipta.

SEO : Agar Gambar Dalam Postingan Tidak Melanggar Hak Cipta
SEO : Agar Gambar Dalam Postingan Tidak Melanggar Hak Cipta

Itulah 3 cara yang saya lakukan dalam hal SEO : agar gambar dalam postingan tidak melanggar hak cipta. Pasti setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hak cipta ini, namun secara garis besar tujuannya adalah sama, menghargai dan menghormati pemilik hak cipta.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu agar blog kita bersama memenuhi persyaratan SEO.

Loading...
Tags

Related Articles

3
Leave a Reply

Tinggalkan Komentar

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fira Firdaus
Guest

mantap gan, terima kasih infonya

Three
Guest

no 1 gue banget itu, wkwkwk. .

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker